Rabu, 21 Oktober 2015

Sekilas Info Seputar Macam-Macam Radio



Komentar :
  1. Dari Presentasi yang kami buat memang tidak dijelaskan tentang kegunaan Radio AM, setelah saya cari di   internet kegunaan Radio AM (modulasi amplitido) adalah digunakan untuk  radio bicara dan program berita.
  2. Setelah saya cari di Internet tidak ada situs yang menjelaskan dan menyebutkan tentang penggunaan dua sirkuit tersebut. Menurut saya dua sirkuit tersebut merupakan komponen dari telegraf nirkabel.
  3. Cara kerja dari medium streaming pada radio internet adalah dengan gelombang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya.
  4. Tidak ada sumber yang menyebutkan pencipta dari radio satelit. Sekarang ini, penyedia radio satelit utama adalah WorldSpace (Intl.), XM Radio & Sirius (A.S.). Karena sinyalnya memiliki hak cipta dan tidak-cocok satu sama lain, maka membutuhkan perlatan khusu untuk dekoding dan pemutaran. Mereka menawarkan saluran berita, cuaca, olah raga, dan musik.
  5. Radio Am :
    Rentang frekuensi AM adalah 500 Hz – 1600 KHz dan panjang gelombang atau amplitudo AM adalah 1600 KHz – 30000 KHz. Jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.
    Radio FM :
    Rentang frekuensi FM adalah 88 MHz – 108 MHz sehingga dikategorikan sebagai Very High Fequency (VHF). Sedangkan panjang gelombangnya adalah dibawah 1000 KHz sehingga jangkauan sinyalnya tidak jauh.
  6. Dalam presentasi kami, memang tidak dijelakan tentang bagaimana cara menggabungkan antara radio digital dan sistem analog, karena kita hanya mempresentasikan macam-macam radio.
  7. kita dapat mendengarkan radio dimana saja, namun untuk dapat menerima siaran radio digital atau HD radio pendengar harus memiliki perangkat khusus yang dapat menangkap sinyal digital.
  8.  Perbedaan :
    Gelombang audio umumnya terkait dengan perjalanan suara. Suara secara teknis didefinisikan sebagai gangguan mekanik bergerak melalui media elastis. Suara adalah getaran mekanis yang melewati media seperti gas, cair atau padat menjadi suara. Gelombang radio adalah jenis gelombang yang merupakan bagian dari radiasi elektromagnetik dan memiliki panjang gelombang terpanjang pada spektrum. Ini berarti bahwa ia memiliki frekuensi rendah dan energi yang rendah. Gelombang radio dapat diproduksi oleh alam serta secara buatan. sedangkan Gelombang radio adalah jenis gelombang yang merupakan bagian dari radiasi elektromagnetik dan memiliki panjang gelombang terpanjang pada spektrum. Ini berarti bahwa ia memiliki frekuensi rendah dan energi yang rendah. Gelombang radio memiliki frekuensi antara 3 kHz dan 300 GHz dengan panjang gelombang berkisar antara 1 mm sampai 100 km. Namun, mirip dengan semua gelombang elektromagnetik, ini juga melakukan perjalanan pada kecepatan cahaya. Berbagai panjang gelombang yang berbeda digunakan untuk berbagai hal.
  9. Masalah-masalh pada radio :
    Selintas
    Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan.pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarnya,tidak bisa seperti pembaca Koran yang bisa mengulang bacaannya dari awal tulisan.
    Global
    Sajian informasi radio bersifat global, tidak detil. Karaenanya angka-angka pun dibulatkan.misalnya penyiar akan menyebutkan “seribu orang lebih”untuk angka 1053 orang.
    Batasan waktu
    Waktu siaran radio relatife terbatas,hanya 24 jam sehari, berbeda dengan surat kabar yang bisa menambah jumlah halaman dengan bebas. Waktu 24 jam sehari tidak bisa ditambah menjadi 25 jam atau lebih.
    Beralur linier
    Program disajikan dan dinikmati pendengar berdasarka urutan yang sudah ada, tidak bisa meloncat-loncat.dengan surat kabar,pembaca bisa langsung ke halaman tengah, akhir, atau langsung ke rubric yang ia sukai.
    Mengandung gangguan
    Seperti timbul tenggelam(fading)dan gangguan teknis”chanel noise factor”
    10. Karena sinyal radio satelit hanya ada di tempat terbuka dan tidak bisa menerima sinyal di rungan tertutup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar